Friday, October 23, 2009

Perkembangan Motorik Bayi

Perkembangan motorik bayi, detil juga klo harus dijelasin per tahapnya, jadi aku tulis yang simple ajah ya..

0 - 1,5 bulan
Bayi sudah bisa mengangkat kepala sekitar 45 derajat

1,5 - 3,5 bulan
Kemampuan mengangkat kepalanya meningkat hingga 90 derajat. Jika bayi didudukkan dengan disandarkan ke tubuh kita, maka kepalanya harus sudah bisa tegak.

3,5 - 4,5 bulan
Bayi sudah bisa mengangkat dadanya bila diposisikan tengkurap. Bayi pun sudah bisa melakukan tengkurap sendiri dan membolak balikkan tubuhnya.

5 bulan
Bayi sudah dapat duduk dengan hanya ditopang punggungnya.

6 - 8 bulan
Bayi sudah dapat duduk sendiri tanpa bantuan. Di usia ini pula kebanyakan bayi sudah mulai belajar merangkak. Namun merangkak bukan merupakan tonggak perkembangan utama. Bila bayi tidak merangkak maka bukan suatu kelainan karena bayi yang tidak melalui tahap ini terbukti mengalami perkembangan motorik yang normal.

7,5 - 10 bulan
Bayi sudah mulai berusaha belajar berdiri dengan berpegangan pada tepi meja atau kursi, berjalan dengan cara merambat, maupun berjalan beberapa langkah.

12 - 15 bulan
Anak sudah bisa berjalan tanpa harus berpegangan.

Setiap tahap diatas akan dilalui secara berbeda untuk setiap anak, jadi kalo emang belum waktunya ya ga usah dipaksa ya bu, biarkan anak berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Yang terpenting adalah memberi dukungan dan respon positif terhadap segala kemampuan dan perkembangan yang bisa mereka capai.

No comments:

Post a Comment